
BSIP Kalimantan Tengah Ikuti Bimtek Pengelolaan Pengaduan Publik SP4N LAPOR
PALANGKA RAYA – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR). Kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini diikuti oleh seluruh Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkup Kementerian Pertanian, termasuk BSIP Kalimantan Tengah yang berpartisipasi secara daring pada Rabu (11/12/2024).
Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat peran partisipasi masyarakat dalam pengelolaan pengaduan publik, sejalan dengan upaya pemerintah dalam menciptakan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik.
Silvia Diaz, Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini. Dia memaparkan pentingnya penguatan pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan LAPOR! di lingkup Kementerian Pertanian.
Selain itu, peserta juga mendapatkan penjelasan mengenai aplikasi DUMAS berbasis digital bernama KALDU EMAS (Kanal Pengaduan Elektronik bagi Masyarakat). Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan keluhan, aspirasi, atau laporan terkait pelayanan publik secara cepat dan terintegrasi.
Melalui Bimtek ini, diharapkan seluruh peserta dapat memahami dan menerapkan sistem pengelolaan pengaduan yang efektif guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di sektor pertanian.